Tentang RSUD Mas Amsyar | Rumah Sakit Mas Amsyar

A. Gambaran Umum




Letak Rumah Sakit di kota Kasongan sebagai ibukota Kabupaten Katingan. Jarak Kasongan dengan Palangkaraya 80 km atau ditempuh 1 jam 15 menit, transportasi lancar, jarak tempuh kota Kasongan ke bandara Tjilik Riwut Palangkaraya 1 jam 20 menit, angkutan umum sampai malam. Jumlah penduduk Kabupaten Katingan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Katingan akhir tahun 2020 sebanyak 157. 817 jiwa tersebar di 13 kecamatan dan 154 desa, 7 kelurahan, terdapat 16 puskesmas induk termasuk 7 puskesmas rawat inap dan 70% telah ada Pustu polindes. Transportasi ke antar daerah (jalan darat 15 kecamatan, jalan air 8 kecamatan). Wilayah katingan sebagian besar terdiri dari hutan, sungai, rawarawa serta lahan tidur. Mata pencaharian penduduk mayoritas adaah petani, perkebunan, nelayan sebagian kecil PNS, pedagang dan wiraswata. Luas lahan RSUD Kasongan 9.760 m2 dengan luas bangunan 6.815 m2 . Letak RSUD kasongan sangat strategis dimana tepat dipinggir jalan trans Kalimantan, mudah dikenal dan dijangkau masyarakat.

Rumah Sakit Umum Daerah Kasongan ditetapkan sebagai rumah sakit kelas C sesuai SK Menkes No 659/ Menkes/SK/VII/2008 Tanggal 16 Juli 2008.

Peraturan Daerah No 7 Tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kasongan. Struktur organisasi RSUD Kasongan berdasarkan Peraturan Daerah tersebut maka formasi jabatan struktural yang tersedia untuk Eselon III dan IV sebanyak 13 formasi eselon. Eselon III adalah untuk jabatan Kepala RSUD, Bagian kesekretariatan, Kepala Bidang Perencanaan, Kepala Bidang Pelayanan, Kepala Bidang Keuangan sedangkan eselon IV adalah yaitu Kepala Seksi Pelayanan Medis, Kepala Seksi Keperawatan, Kepala Seksi Perencanaan, Kepala Seksi Rekam Medis, Kepala Seksi verifikasi dan anggaran, Kepala seksi perbendaharaan dan akuntansi.

 

 

 

B. Visi & Misi




Visi

Menjadi Rumah Sakit Terbaik Dalam Kualitas Pelayanan di Provinsi Kalimantan Tengah

Misi

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi .
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana.
  3. Memberikan kepuasaan kepada pelanggan internal dan eksternal terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit.
  4. Meningkatkan kerjasama lintas sektor dan membangun kemitraan antar stakeholders dalam peningkatan kualitas pelayanan.
  5. Menyelenggarakan administrasi dan manajemen rumah sakit yang profesional dan bertanggungjawab

Motto

”Bekerjalah seperti yang seharusnya, bukan yang seperti biasanya”

Semboyan

4S ”Sapa, Senyum, Sentuh, Sembuh”

Tujuan

  1. Meningkatkan, memantapkan dan mempertahankan jangkauan dan pemerataan serta mutu pelayanan dalam upaya peningkatan pelayanan yang optimal.
  2. Meningkatkan pelayananan secara profesional sesuai dengan kode etik kedokteran dan standar operasional prosedur.
  3. Mengembangkan sistem informasi manajemen RS
  4. Meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan RS dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.
  5. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan proaktif, preventif, kreatif dan rehabilitatif yang efektif dan efisien.
  6. Menyelenggarakan penerimaan rujukan dari unit pelayanan lain dan memberikan jawaban rujukan.