INFO TERBARUSELAMAT DATANG DI WEBSITE RSUD MAS AMSYAR KASONGAN

Jangan Terlalu Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Ini Bahayanya

Bookmark and Share
Rabu, 15 April 2015 - 12:21:31 WIB » Diposting oleh : Administrator » Hits : 978 » Kesehatan

ADMIN - Minuman bersoda memang enak dan menyegarkan. Apalagi jika disajikan dingin dan diminum saat cuaca yang panas. Bagi sebagian orang minuman bersoda malah dianggap minuman wajib yang harus ada tiap hari.

Namun, ternyata minuman bersoda sangat beresiko merusak kesehatan bila diminum secara rutin. Dikutip dari doktersehat.com, setidaknya ada enam jenis penyakit yang bisa menyerang penggemar minuman bersoda. Penyakit apa saja? berikut diantaranya:


1. Tulang jadi rapuh
Minuman soda mengandung asam fosfat yang memberi kontribusi pada kerapuhan tulang. Asam fosfat mampu melarutkan kalsium yang ada pada tulang.

2. Membahayakan ginjal
Dari hasil penelitian, mengonsumsi minuman bersoda minimal dua kali sehari sangat rentan mengalami kerusakan dan penurunan fungsi ginjal.

3. Risiko kanker pankreas
Dalam penelitian terhadap 60524 responden di Amerika Serikat yang mengonsumsi minuman bersoda selama 14 tahun.H asilnya, ditemukan fakta 87 persen dari mereka mengalai risiko kanker pankreas. 

4. Meningkatkan risiko diabetes
Potensi terserang diabetes menjadi lebih tinggi jika Anda terlalu sering meminum minuman bersoda. Padahal, diabetes juga berkontribusi pada munculnya penyakit lain, seperti stroke dan kerusakan jantung koroner. 

5. Obesitas
Minuman bersoda kaya kalori. Di Amerika, salah satu penyebab tingginya obesitas pada anak-anak karena pengaruh minuman bersoda. Anak-anak disana meminumnya seperti layaknya air putih. Yang mengerikan, diabetes, stroke, serangan jantung  koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya bisa berawal dari obesitas.

6. Kerusakan gigi
Selain kandungan gula yang tinggi dalam minaman bersoda, kandungan asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi. Asam fosfat akan melarutkan kalsium dan membuat gigi anda mudah keropos.

Berita Lainnya


Direktur RSUD Mas Amsyar
Kabupaten Katingan

Direktur Rumah Sakit
E-Gov
Web SKPD
Jajak Pendapat

Bagaimanakah Kualitas Pelayanan RSUD-Kabupaten Katingan ?

  Sangat Tidak Bagus
  Tidak Bagus
  Bagus
  Sangat Bagus
Statistik

179271

Pengunjung hari ini : 24
Total pengunjung : 46782
Hits hari ini : 67
Total Hits : 179271
Pengunjung Online : 448
Ip :
Browser :